Sabtu, 22 Juni 2013

Sejarah Lembaga Keuangan Syariah


Sejarah Lembaga Keuangan Syariah
Islam mengalami perkembagan pesat dalam hal umat serta perekonomiannya. Sejak jaman Rasulullah SAW Islam memberikan dampak besar terhadap perekonomian umat. Ajaran Islam dalam hal itu yakni perekonomian syariah yang berdasarkan ajaran Islam bersumber dari Al Qur’an dan Hadits. Tujuan satu yakni menjadikan seluruh umat manusia menjadi makmur dan senantiasa peduli terhadap umat.
Al Qur’an yang menjadi sumber hukum dalam Agama Islam  cukup banyak menyinggung hal yang berkaitan degan keuangan meski tidak begitu spesifik dijelaskan. Pembahasan Al Qur’an lebih kepada pembahasan mengenai akhlak/etika yang berkaitan dengan keuangan, antara lain : menjaga kepercayaan (amanah),  keadilan (’adalah), kedermawanan(ikhsan), perintah menjauhi yang haram  dan menegakkan yang baik (amar ma’ruf nahi munkar), dan teguran  (tawsiah). Lambaga keuangan syariah pertama yang didirikan Rasulullah adalah berupa Baitul Mal saat pemerintahan Islam dibentuk di Madinah. Baitul Mal terus berkembang  yang menjadi tumpuan dalam memberantas kemiskinan umat Islam.
Pada tahun 1963, di desa Mit Ghamr salah satu daerah  di wilayah Mesir, dibentuk  lembaga keuangan pedesaan yang bernama Mit Ghamr  Saving Bank atau bisa disebut Mit Ghamr Bank yang dipelopori seorang ekonom  bernama Dr. Ahmad El Najjar. Bank ini tidak membebankan bunga dalam setiap kegiatan keuangannya. Menjadi lembaga keuangan syariah pertama yang ada didunia.
Keberhasilan Mit Ghamr Bank menginspirasi berbagai kalangan seperti :
1. Pemerintah Mesir dibawah Gamal Abdul Naser membentuk Naser Social Investment dengan basis perkotaan pada tahun 1972.
2. Masyarakat Cendikiawan dan profesional di Filipina membentuk Bank Amanah  pada tahun 1973.
3. Organisasi Konfrensi Islam (OKI) yang anggotanya adalah negara-negara pemerintahan muslim membetuk Islamic Development Bank (IDB)  pada tahun 1973  dan mulai beroperasi pada tahun 1975 dengan kantor Pusat di Jeddah.
Hingga sekarang keuangan syariah menjadi kekuatan ekonomi baru didunia. Bank dan lembaga keuangan syariah semakin berkembang dan terus bertambah. Tidak hanya dari kalangan muslim tapi juga kalangan non-muslim mengakui kekuatan ekonomi Islam saat ini. Tidak kalah dengan negara lain Indonesia juga mendirikan bank syariah pertama pada tahun 1992 yakni Bank Muamalat Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar